Jumat, 01 Mei 2015

Contoh teks anekdot

Sebelumnya disini saya akan menjelaskan sekilas tentang teks anekdot,

Teks anekdot adalah teks yang berisi tentang sindiran yang di kemas dengan lucu dan kadang akan berlebihan biasanya teks ini akan menjelma menjadi iklan,  komik pendek dalam koran dan berbagai macam sindiran yang terselip dalam kelucuan

Berikut adalah contoh dari teks anekdot :

-Gagal Cegah Begal-

-Abstraksi-
Sukinem baru saja pulang kerja bersama motor barunya,  karna larut malam jalanan menjadi sangat sepi dan gelap, 

-Orientasi-
di pinggir jalan ia melihat seorang perempuan sedang mrlmbaikan tangannya dan tiba-tiba memanggilnya
"Mbak... mbak..." panggil gadis itu dengan tangan yang masih melambai,  sukinem pun menghampirinya
"Ada apa dik? " tanyanya
"Mbak tau alamat ini?" Sambil memberikan secarik kertas
"Oiyah kebetulan saya melewati alamat itu,  ayo silahkan naik "
Gadis itupun menyetujuinya,  dan sebelum ia naik ia memengok kanan dan kiri dan seperti memberikan kode setelahnya

-Krisis-
tiba-tiba datang 2 orang dengan pakaian yang nyaris tak meperlihatkan wajahnya
Begal1: "turun dari motor sekarang" sambil menodongkan pisau pada sukinem
Begal2 menarik sukinem dari motor dan memaksanya turun,  sukinempun turun dengan terpaksa
"Tolong... tolong..." sukinempun meminta tolong
  Disisi lain tak srngaja seorang warga yang baru pulang dari warung melihat aksi kriminal itu,  spontan warga tersebut menelpon polisi
Warga:"Hallo selamat malam pak"
polisi:"malam, ada yang bisa saya bantu?"
warga:" saya melihat aksi pebegalan di dekat desa saya pak"
polisi:"baik saya segera kesana,  saya minta alamat jelas tkp "
wargapun menjelaskan alamatnya dan polisipun bergegas menuju tkp
[°•°•°•°]adegan kura-kura[°•°•°•°]
(Untuk mewakili polisi yang lambat)

-Reaksi-
pembegalan telah berhasil dilakukan,  sukinempun telah berhasil di begal, harta benda sukinem sudah raib di gondol maling dan saat sukiem sedang menangis polisi pun baru datang

-Koda-
saat sukinem sedang di data polisi, (polisi memberi isyarat minta ongkos untuk mengurus segalanya) saat sukinem memberi sejumlah uang mendadak polisi itu jadi cepat lalu wajah sukinempun kebingungan.

Nah itu dia contoh dan stuktur dari teks anekdot semoga bermanfaat ya guys :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar